Pesan Skripsi
Pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru di jurusan teknik elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman
| Senin, 04 Juni 2012 01:37

Dalam dunia pendidikan internet akan sangat baik bila digunakan sebagai salah satu sumber belajar.Guru akan lebih mudah memberikan informasi kepada siswanya dengan adanya internet ini, karena siswa hanya disuruh membuka suatu situs yang telah ditunjukkan oleh guru tentang situs yang relevan dengan pelajaran yang diajarkan sehingga dapat didiskusikan bersama sebagai bahan pelajaran.Internet dapat dijadikan guru atau salah satu sumber belajar yang tak terbatas, karena di dalam internet juga tersedia bermacam-macam informasi.

Dengan internet siswa Jurusan Teknik Elektronika bisa mencari makalah tentang cara-cara merawat dan mereparasi barang-barang elektronik, materi belajar tentang ilmu elektronika, datasheet mengenai suatu komponen elektronika, artikel tentang internet networking sampai software computer yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu untuk memacu siswa agar tidak asing dengan internet, guru bisa memberikan soal atau tugas yang disampaikan melalui internet sehingga memaksa siswa untuk membuka internet. Dengan demikian proses belajar mengajar akan lebih cepat dan efisien.

Internet adalah suatu jaringan komputer global yang menghubungkan sejumlah besar jaringan-jaringan yang tersebar di seluruh muka bumi ini dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP).Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan lokal, yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, kabel) dan jangkauannya mencangkup seluruh dunia.Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan bermacam tipe dengan membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global).

Ada empat komponen penting dalam membangun budaya belajar dengan menggunakan e-learning maupun internet di sekolah. Pertama, peserta didik dituntut menggunakan sebagian besar waktu belajarnya untuk belajar mandiri dengan berbagai pendekatan yang sesuai agar mampu mengarahkan, memotivasi, dan mengatur dirinya sendiri dalam belajar. Kedua, guru dituntut untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya, memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, memahami konsep belajar dan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Ketiga, infrastruktur yang dibutuhkan harus tersedia secara memadai. Keempat, administrator dituntut untuk lebih kreatif dalam penyiapan infrastruktur untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.

Di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok, siswa diperbolehkan menggunakan fasilitas internet di laboratorium komputer selama jam kegiatan belajar-mengajar, tetapi setelah jam kegiatan belajar selesai siswa tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas internet. Selain penggunaan internet di laboratorium siswa juga dapat memanfaatkan fasilitas WI-FI dalam area sekolah, yang mana bisa dimanfaatkan bagi siswa yang memiliki laptop. Oleh karena itu selain di sekolah siswa dapat mengakses internet di warnet dekat sekolah ataupun warnet yang terdekat dengan tempat tinggal siswa. Banyak faktor yang terkait dengan penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa maupun guru, daya dukung sekolah dan kondisi sosial ekonomi siswa maupun guru.

Download: Pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru di jurusan teknik elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman

Password: I43RS107

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi