Pesan Skripsi
Pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen
| Rabu, 05 Oktober 2011 05:04

Keluarga sebagai kelompok masyarakat yang terkecil mempunyai arti yang besar dalam penciptaan kelestarian lingkungan hidup. Wanita dalam kedudukannya sebagai ibu rumah tangga, diharapkan peranannya secara aktif dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti sejauh mana pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen? (2) Seberapa besar pengaruh tingkat tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen. (2) Seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang memiliki kepentingan dengan masalah yang diteliti, yaitu : (1) Memberi sumbangan teoritis berupa tambahan khasanah keilmuan, utamanya pada studi kependudukan dan lingkungan hidup. (2) Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijaksanaan untuk memecahkan masalah lingkungan terutama di desa peneliti.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang bekerja di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen yang berjumlah 640 orang, wanita yang dimaksud dalam penelitian ini adalah wanita yang telah menikah atau berstatus sebagai istri. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, sampel berjumlah 64 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis dua prediktor dan deskriptif persentase.

Ditinjau dari tingkat pendidikan, wanita di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen termasuk dalam kriteria rendah karena sebagian besar (40 responden atau 40%) hanya tamat SD. Ditinjau dari tingkat pendapatan, wanita di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen termasuk dalam kriteria rendah, karena sebagian besar (85 responden atau 85%) mempunyai pendapatan perkapita dibawah upah minimum di Kabupaten Sragen yaitu sebesar Rp406.000. Peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen termasuk dalam kriteria baik.

Berdasarkan hasil analisis regresi dua prediktor diperoleh persamaan regresi Y = 6,379 X1 + 0,011 X2 + 40,304. Setelah diadakan uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, diperoleh F hitung > F tabel (79,778 > 3,090) pada taraf signifikansi 5%, maka persamaan regresi tersebut signifikan. Adapun besarnya pengaruh secara keseluruhan (simultan) antara tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan berpengaruh terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen sebesar 62,19% sedangkan secara parsial tingkat pendidikan berpengaruh sebesar 50,78% dan tingkat pendapatan berpengaruh sebesar 11,41%.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan wanita di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen termasuk rendah, sedangkan peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen termasuk dalam kriteria baik, hal ini berarti semakin tinggi tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan maka semakin baik pula peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen.

Saran yang diajukan yaitu, (1) Variabel tingkat pendidikan (X1) memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap peranan wanita dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup, kesadaran akan pentingnya pendidikan perlu ditingkatkan, antara lain dengan cara memberikan penyuluhan kepada wanita tentang pentingnya pendidikan, (2) Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi lingkungannya dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya terutama memperbaiki sistem pengelolaan air limbah rumah tangga dan pengelolaan sampah.

Download: Pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan wanita terhadap peranan wanita dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup di Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen

Password: GnTPRFPg

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi