Pesan Skripsi
Dua naskah drama Wisran Hadi: Cindua Mato dan Dara Jingga (kajian intertekstual)
| Kamis, 26 Januari 2012 23:07

Cindua Mato dan Dara Jingga, dua naskah drama karya Wisran Hadi, memberikan warna baru dengan akar budaya tradisi ke-minangkabau-an; dari fenomena masa lalu, terutama mitos, dan tidak tertinggal kerelevanannya dengan masa kini atau kekinian. Kajian terhadap dua naskah drama ini berdasarkan kajian intertekstual. Intertekstual didefinisikan sebagai hubungan atau jaringan antara satu teks dengan teks-teks lain. Pendekatan ini juga memungkinkan untuk menjelaskan kemungkinan pengaruh teks luaran, yakni teks sosial dan budaya yang menjadi latar belakang pengarang dan karya itu sendiri.

 

Bentuk interpretasi yang akan dianalisis pada naskah drama Cindua Mato, adalah: 1) interpretasi naskah drama Cindua Mato terhadap kaba Cindua Mato, 2) interpretasi naskah drama Cindua Mato terhadap mitos dan masyarakat Minangkabau. Kemudian, untuk naskah drama Dara Jingga, adalah: 1) interpretasi naskah drama Dara Jingga terhadap sejarah Ekspedisi Pamalayu, 2) interpretasi naskah drama Dara Jingga terhadap Tambo Minangkabau. Sedangkan untuk analisis hubungan intertekstual terhadap naskah drama Cindua Mato dan Dara Jingga, sebagai berikut: 1) hubungan peristiwa dan konflik, 2) hubungan tokoh dan watak, 3) hubungan adat dan matrilineal, 4) hubungan sejarah dan kaba.

Penelitian ini menyimpulkan, dari hubungan kedua naskah drama tersebut, bahwa lahirnya mitos Cindua Mato untuk pengaburan sejarah dan penutup malu bagi masyarakat Minangkabau, hingga diciptakanlah mitos-mitos yang bersifat heroik untuk menyembunyikannya. Dari penelitian ini disarankan untuk mengembangkan wacana-wacana baru terhadap pemahaman mitos, tradisi, dan sejarah yang mungkin masih belum terungkap.

Download: Dua naskah drama Wisran Hadi: Cindua Mato dan Dara Jingga (kajian intertekstual)

Password: 8CSPhZII

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi