Pesan Skripsi
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan metode belajar aktif tipe team quiz di kelas VIIB SMP Negeri 12 Merangin
| Senin, 13 Juni 2011 00:04

Dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan aktivitas. Hal ini sesuai dengan pendapat Sardiman (2003), “Aktivitas merupakan prinsip atau azas yang penting dalam belajar mengajar”. Aktivitas yang dikemukakan oleh Paul Diedrich dalam Sardiman (2003) antara lain menggambar, diskusi, mengeluarkan pendapat, bermain dan sebagainya.

Metode pembelajaran yang dipakai guru juga akan berpengaruh pula terhadap cara belajar siswa, yang mana setiap siswa yang mempunyai cara belajar yang berbeda antar siswa satu dengan yang lain. Oleh karena itu metode belajar yang dipilih sebaiknya metode yang dapat mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Metode ini akan mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar yang dapat menimbulkan interaksi antar guru dengan siswa (Parminingsih, 2008).

Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Agar hasil yang dicapai memuaskan diperlukan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode yang dapat membangkitkan aktivitas belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran fisika yaitu dengan penggunaan metode belajar aktif tipe Team Quiz.

Metode belajar aktif mempunyai banyak tipe diantaranya sebagai berikut: 1. Question students have. 2. Listening team. 3. The power of two. 4. Team Quiz. 5. Firing line dan lain-lain.

Metode belajar aktif tipe Team Quiz merupakan salah satu pembelajaran aktif yang dikembangkan oleh Mel Silberman. Metode pembelajaran ini mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dalam metode pembelajaran ini siswa dibentuk dalam tiga kelompok besar dan semua anggota bersama-sama mempelajari materi tersebut, mendiskusikan materi, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban, setelah materi selesai diadakan suatu pertandingan akademis (Parminingsih, 2008).

Berdasarkan kutipan di atas telah dijelaskan bahwa metode Team Quiz merupakan salah satu metode yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, dalam metode ini siswa dibagi dalam tiga kelompok besar untuk bersama-sama mendiskusikan materi,mberikan arahan, pertanyaan dan jawaban serta pada akhir pembelajaran diadakan pertandingan akademis. Penjelasan inilah yang menjadi alasan untuk memilih metode belajar aktif tipe Team Quiz sebagai alat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.

Keberhasilan pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh metode pembelajaran tetapi juga dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar dimungkinkan memiliki prestasi belajar yang tinggi karena lebih mudah mengikuti pembelajaran sedangkan siswa yang pasif cenderung lebih sulit mengikuti pembelajaran. Pada kenyataannya tidak sedikit dijumpai siswa berprestasi tinggi namun memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Ini dikarenakan banyak siswa mencapai keberhasilan akademis tetapi hanya sedikit menunjukkan kemampuan kreativitas dalam proses belajar mengajar.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Team Quiz di SMP Negeri 12 Merangin Kelas VIIB Tahun Ajaran 2010/2011”.

Download: Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan metode belajar aktif tipe team quiz di kelas VIIB SMP Negeri 12 Merangin

Password: miOEUHiZ

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi