Pesan Skripsi
Perbandingan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation dengan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran pengontrolan menggunakan PLC di kelas III TPTL SMK Negeri 2 Bengkulu
| Kamis, 06 Januari 2011 23:25

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation dengan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran pengontrolan mengguakan PLC di SMK Negeri 2 Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (TPTL) yang berjumlah 62 orang. Karena populasi kurang dari 100 orang, maka sampel yang diambil adalah keseluruhan siswa tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas dibagi dua, yaitu kelas eksperiman yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation sedangkan kelas kedua sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran inkuiri. Dari hasil penelitian menunjukkan rata-rata (mean) hasil pembelajaran pengontrolan menggunakan PLC pada kelas yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pada kelas yang diberikan model pembelajaran inkuiri.

Pada pengujian menggunakan uji t, model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation menunjukan perbedaan hasil belajar yang signifikan, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 3,03 > 2,65. Ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation lebih efektif dari model pembelajaran inkuiri pada pelajaran menggunakan PLC di kelas III TPTL SMK Negeri 2 Bengkulu.

Download: Perbandingan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation dengan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran pengontrolan menggunakan PLC di kelas III TPTL SMK Negeri 2 Bengkulu

Password: ULOZsVc1

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi