Pesan Skripsi
Peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah
| Rabu, 14 Maret 2012 13:02

Evaluasi selalu memegang peranan penting dalam segala bentuk pembelajaran. Dengan evaluasi diperoleh balikan atau feed back yang dapat dipakai untuk memperbaiki dan merevisi bahan atau metode pembelajaran, evaluasi berguna untuk mengetahui pembelajaran, atau untuk menyesuaikan bahan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Evaluasi berguna untuk mengetahui hingga manakah siswa telah mencapai tujuan pelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, evaluasi dibutuhkan oleh siswa untuk mengetahui sejauhmana prestasi yang yang telah dicapainya.

Pendidikan menjadi sorotan utama dalam peningkatan mutu sumber daya manusia. Mutu SDM dilahirkan oleh lembaga pendidikan yang bermutu atau sekolah bermutu. Jerome S. Arcaro menjelaskan model sekolah yang bermutu, harus ditopang oleh lima pilar, yaitu (1) berfokus pada pengguna; (2) keterlibatan secara total semua anggota; (3) melakukan pengukuran, (4) komitmen pada perubahan; dan (5) penyempurnaan secara terus-menerus. Kelima pilar sekolah yang bermutu tersebut di atas mendeskripsikan bahwa interaksi edukatif seyogyanya berorientasi pada siswa, melibatkan semua sumber daya dan sumber dana, melakukan evaluasi dan pembenahan, komitmen pada perubahan dan kemajuan, serta selalu melakukan hal yang terbaik dan bernilai untuk proyeksi ke depan.

Melihat kondisi sekarang ini, mutu pendidikan di sekolah seringkali dilihat dari luarannya. Luaran sekolah yang dapat bersaing, apakah di dunia kerja atau di sekolah lanjutan, dianggap bahwa sekolah tersebut memiliki mutu atau keunggulan. Dalam program pembelajaran, mutu pendidikan dapat dilihat dari segi prosesnya. Apabila proses pendidikan dapat terlaksana secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan, maka pendidikan tersebut dapat dikatakan bermutu. Dalam pencapaian tujuan pendidikan, dibutuhkan evaluasi untuk mengukur dan menilai standar pencapaian pendidikan. Di sinilah perlunya evaluasi khususnya dalam pembelajaran dalam mengukur pelaksanaan proses pendidikan di sekolah. Maka melalui penelitian skripsi ini, akan dikaji peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi masalah pokok dalam penulisan skripsi ini adalah “Sejauhmana peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman”. Masalah pokok di atas, dapat dijabarkan ke dalam sub pokok masalah, yaitu sebagai berikut : 1. Bagaimana bentuk pelaksanaan evaluasi belajar di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar? 2. Apakah bentuk pelaksanaan evaluasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo Kecamatan Campalagian, Kabaupaten Polewali Mandar?

Download: Peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah

Password: QsdBjvli

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi