Pesan Skripsi
Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui penggunaan media visual siswa kelas V SD Negeri Barengan
| Selasa, 17 April 2012 00:47

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang menuntut keterampilan berbahasa salah satunya adalah menulis. Kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terfokus dalam tiga hal pokok yaitu menulis kebahasaan, menulis paragraf, dan menulis tema, topik dan kerangka karangan. Ketiga hal pokok tersebut sangat perlu dipelajari karena beberapa alasan. Pertama , ketiga hal pokok tersebut merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai sebelum menjadi seorang penulis yang baik. Kedua, ketiga pokok bahasan tersebut merupakan bagian dari materi yang harus diajarkan di Sekolah Dasar, sehingga dengan menguasai materi ini memiliki bekal yang cukup untuk melakukan tugas sehari-hari. Ketiga, dengan menguasai ketiga hal pokok tersebut akan membantu memperlancar dalam mempelajari materi pembelajaran yang lain.

Sebagai salah satu komponen pembelajaran, media adalah merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran yang diawali dengan penyusunan rancangan pembelajaran. Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang belum memanfaatkan penggunaan media dengan tepat. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa Sekolah Dasar, penulis berusaha untuk bisa menarik dan membangkitkan semangat kepada anak dengan menggunakan media gambar. Media gambar ternyata bisa membantu anak untuk membuat kalimat sesuai dengan pesan yang terkandung dalam gambar.

Gagne dan Briggs (dikutip Arsyad, 2002) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran antara lain terdiri atas : buku, tape recorder, film, foto, grafik, kaset, video kamera, televisi, komputer dan lain-lain. Jadi media adalah komponen sumber belajar atau peralatan siswa untuk belajar. Dalam Depdiknas (2003) dinyatakan bahwa media pembelajaran adalah media pembelajaran yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang sudah dirumuskan.

Bertolak dari uraian di atas, maka penelitian tindakan kelas perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam hal menulis karangan. Selain itu juga perlu meningkatkan pembinaan menulis karangan secara intensif agar dapat memunculkan pengaruh berupa kompetensi menulis karangan dengan bahasa yang baik dan benar secara respektif dan produktif.

Download: Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui penggunaan media visual siswa kelas V SD Negeri Barengan

Password: S9mEGBOA

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi