Pesan Skripsi
Peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media papan berpaku tentang pencerminan bangun datar siswa kelas IV SDN Tamberu Barat II Kecamatan Sokobanah
| Kamis, 05 Juli 2012 14:53

Peranan dan kedudukan guru dalam kelas merupakan kunci berhasilnya proses pendidikan di sekolah. Tugas guru sebagai pendidik, bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi siswa seoptimal mungkin. Guru sebagai pembimbing, mempunyai tanggung jawab dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi siswa. Dalam hal ini pola pembelajaran matematika yang dimaksud adalah pola pembelajaran matematika yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan inovatif (PAKEMI). Pembelajaran matematika diberikan di SDN Tamberu Barat II Kecamatan Sokobanah sejalan dengan tuntutan umum pendidikan matematika yang diharapkan, yaitu memberi tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap siswa serta memberi tekanan pada keterampilan dalam penerapan matematika.

Untuk mendukung pola pembelajaran yang PAKEMI, selain kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran matematika dan kreatifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, faktor lain yang dapat mempengaruhi terhadap terciptanya pola pembelajaran yang PAKEMI yaitu penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran pada setiap pelaksanaan pembelajaran matematika. Penggunaan alat peraga sebagai media pendidikan, dalam pembelajaran matematika memiliki peranan yang juga menentukan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Utamanya, akan membantu dalam proses pembelajaran serta juga menentukan hasil belajar matematika pada siswa. Dalam artian, dengan menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran matematika akan memudahkan siswa untuk memahami materi dalam pembelajaran.

Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar adalah dengan menyediakan sarana pembelajaran yang memadai, salah satunya yaitu alat peraga sebagai media pembelajaran. Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang berkualitas, salah satu faktornya yaitu penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami serta melakukan kegiatan proses belajar matematika. Atas dasar itu, program penelitian pembelajaran dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil pengamatan dan evaluasi pada program ini dikembangkan melalui laporan hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran.

Pelaksanaan penelitian pembelajaran matematika dengan memilih penggunaan alat peraga khususnya alat peraga papan berpaku sebagai media pembelajarannya selain merupakan bagian dari teknik pembelajaran untuk memberikan kemudahan kepada siswa dalam upaya untuk memahami tentang materi matematika khususnya pada materi pencerminan bangun datar, juga hal ini terkait dengan faktor yang paling dominan ketika siswa mengerjakan kegiatan mencerminkan bangun datar, konsep dan langkah pengerjaannya belum menguasai dan memperhatikan sifat-sifat dari pencerminan dari bangun yang dibentuknya. Akibatnya, siswa kurang memahami tentang apa yang akan mereka kerjakan.

Bangun-bangun datar sederhana dapat dibentuk dengan menggunakan papan berpaku dan karet gelang. Bentukan yang ditimbulkan oleh karet dapat pula dilakukan pencerminan bangun datar. Hasil pencerminan bangun datar pada papan berpaku harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut: (a) bentuk/besar pencerminan benda sama dengan benda aslinya, (b) jarak benda dengan jarak bayangan sama, dan (c) bersifat simetris. Dengan menggunakan alat peraga papan berpaku sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pencerminan bangun datar dengan tetap memperhatikan sifat-sifat dari pencerminan dari bangun yang dibentuknya dapat teratasi dengan sempurna. Sehingga tindak lanjut dari peningkatan tersebut, akan menentukan terhadap tercapainya hasil belajar siswa dapat diperoleh semaksimal mungkin.

Download: Peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media papan berpaku tentang pencerminan bangun datar siswa kelas IV SDN Tamberu Barat II Kecamatan Sokobanah

Password: QaGI3SCe

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi