Pesan Skripsi
Pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTS Negeri Sumenep Tahun Ajaran 2011/2012
| Sabtu, 14 Juli 2012 07:06

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk manusia-manusia yang berkualitas. Salah satu cara yang paling ampuh untuk membangun manusia berpendidikan adalah dengan memotivasinya dalam belajar. Motivasi yang benar dalam belajar akan meningkatkan kualitas pendidikan. Seiring dengan meningkatnya kualitas pendidikan, maka akan dihasilkan manusia-manusia berpendidikan tinggi yang pada akhirnya berperan besar dalam perkembangan pembangunan suatu negara. Pendidikan di MTsN bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar sebagai perluasan pengetahuan yang diperoleh di SD. Setiap pelajar MTsN hendaknya belajar dengan usaha yang optimal agar dapat meraih prestasi akademik yang memadai. Kegiatan belajar mengajar harus berpusat pada siswa, karena siswa memiliki perbedaan minat, kemampuan, kesenangan, pengalaman, dan cara belajar. Oleh karena itu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) harus memperhatikan bakat, kemampuan, dan strategi belajar.

Pelayanan Bimbingan dan Konseling di MTsN meliputi bidang bimbingan pribadi, bidang bimbingan sosial, bidang bimbingan karir, dan bidang bimbingan belajar. Salah satu bidang bimbingan yang membantu siswa mengembangkan potensi diri berkenaan dengan kebiasaan belajar yang baik. Untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan serta untuk menyiapkan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi adalah bimbingan belajar. Bimbingan pada dasarnya adalah proses bantuan yang diberikan kepada individu agar mampu mencapai perkembangan diri yang optimal. sebagai pemberian bantuan kepada seseorang atau sekelompok orang dalam membuat pilihan-pilihan secara bijaksana dan dalam mengadakan penyesuaian diri terhadap tuntutan hidup.

Layanan bimbingan belajar yang diterapkan disekolah-sekolah merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan yang sangat penting, karena dengan layanan bimbingan belajar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki berkenaan dengan kebiasaan belajar yang baik agar dapat menguasai pengetahuan dan keterampilan serta untuk menyiapkan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Pengertian layanan bimbingan belajar adalah layanan bimbingan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri. Bidang layanan bimbingan dan konseling dapat dilaksanakan melalui berbagai jenis layanan. Layanan bimbingan dan konseling meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu, layanan konseling kelompok, layanan bimbingan kelompok, layanan konsultasi, dan layanan mediasi. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan kegiatan belajar lainnya adalah layanan informasi karena dalam layanan informasi dapat membantu siswa untuk menerima dan memahami berbagai informasi yang berkaitan dengan belajar.

Layanan informasi adalah layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan. Tujuan dari layanan informasi melalui bidang bimbingan belajar adalah agar siswa mampu menguasai pengetahuan dan dapat mengembangkan keterampilan yang diperoleh dari sekolah, sehingga dengan diberikannya bimbingan belajar melalui layanan informasi maka diharapkan siswa dapat termotivasi dalam meningkatkan prestasi belajar dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat dari sekolah tersebut.

Motivasi merupakan suatu hal yang penting dalam mengendalikan perilaku manusia. Berhasil atau tidaknya suatu tujuan, motivasi turut memberikan peran yang penting. Hal ini juga tidak dapat dipisahkan dengan keberhsilan perbuatan belajar. Alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusialah yang menyebabkan manusia itu berbuat sesuatu. Semua tingkah laku manusia pada dasarnya mempunyai motif. Juga tingkah laku yang disebut tingkah laku secara refleks dan yang berlangsung secara otomatis mempunyai maksud tertentu meskipun maksud itu tidak disadari oleh manusia. Motif manusia bisa bekerja secara sadar dan juga secara tidak sadar. Untuk mengerti dan memahami tingkah laku manusia dengan sempurna, patutlah kita pahami dan mengerti terlebih dahulu apa dan bagaimana motif-motifnya daripada tingkah lakunya.

Download: Pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTS Negeri Sumenep Tahun Ajaran 2011/2012

Password: Yp1wuW8Z

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi