Pesan Skripsi
Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngali
| Jumat, 01 Juni 2012 07:28

Motivasi adalah “pendorongan” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia bergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Motivasi merupakan satu komponen yang paling penting dalam pengajaran yang efektif. Siswa yang memiliki keinginan belajar/motivasi yang besar dapat saja belajar tentang segala sesuatu. Indikator adanya motivasi belajar adalah tekun menghadapi tugas matematika, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat terhadap bermacam- macam masalah, lebih sering bekerja sendiri, tidak bosan terhadap tugas- tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat, dan sering membaca dan memecahkan masalah dari soal- soal.

Minat adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus- menerus, minat ini erat kaitannya dengan dengan perasaan senang, karena itu dapat dikatakan minat itu terjadi karena sikap senang terhadap sesuatu, orang yang senang terhadap sesuatu berarti ia sikapnya senang kepada sesuatu. Minat selalu membangkitkan pemusatan pemikiran, juga menimbulkan kegembiraan dalam usaha belajar, keriangan hati akan memperbesar daya kemampuan belajar seseorang, juga membantunya untuk tidak mudah melupakan apa yang dipelajarinya itu. Belajar dengan perasaan yang tidak gembira, akan membuat pelajaran itu tambah berat.

Peranan guru yang paling dalam upaya pengembangan minat belajar siswa, diantaranya: (1) guru melalui peranannya sebagai demonstrator senantiasa mengasai bahan dan materi yang diajarkan, mengemmbangkan dan meningkatkan ilmu yang dimiliki karena sangat menentukan minta belajar pada siswa;(2) metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar sangat beragam; (3) media yang digunakan dalam pembelajaran sangat beragam; (4) dalam mengatasi siswa yang kesulitan belajar, guru memberikan tambahan waktu belajar diluar jam pelajaran, dengan tidak melupan komunikasi kepada orang tua siswa; (5) sebagai profesi yang mulia, guru dituntut mencintai profesinya supaya dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh keikhlasan dan menyenangkan peserta didiknya.

Hasil belajar adalah kemampuan atau kecakapan kognitif yang diperoleh siswa melalui proses pembelajaran yang dinyatakan dalam angka-angka yang diukur dengan menggunakan alat tes (evaluasi) yang standar setelah diukur dengan alat tes (evaluasi) yang standar.Hasil belajar merupakan penilaian suatu hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yang dilambangkan dengan angka-angka yang merupakan aktualisasi dari kemampuan siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswanya. Jika hasil belajarnya masih rendah, seorang guru harus berusaha menemukan kekurangan/hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor internal dari diri siswa itu sendiri maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah faktor psikologis. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya dalam hal ini pelajaran matematika adalah faktor minat dan motivasi. Minat diartikan sebagai ketertarikan terhadap sesuatu .

Peranan lembaga pendidikan, termasuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngali sangat menentukan dalam mengajarkan agama dan akhlak mulia dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada peserta didik. Karena itu peningkatan kualitas berhubungan dengan berbagai unsur/pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan perlu terus dilakukan agar mencapai hasil yang bagus. Perlu kita ingat bahwa salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran adalah jika siswa atau peserta didik memperoleh hasil belajar yang bagus/tinggi.

Download: Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngali

Password: syUL6QuQ

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi