Pesan Skripsi
Pengaruh metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar elektronika dasar terapan pada siswa kelas II Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Tanjung raya
| Kamis, 06 Januari 2011 16:32

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, tentu tidak lepas dari bagaimana peranan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut. Untuk mencapai tujuan pembelajaran maka pengajar harus dapat menciptakan suatu situasi kondisi belajar yang kondusif sehingga motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa lebih meningkat.

Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu guru harus melaksanakan usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar siswa melakukan aktifitas belajar dengan baik. Untuk memenuhi harapan tersebut banyak faktor yang harus diperhatikan. Menurut Marsial, 1993:15 dalam Purba) bahwa “faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah latar belakang keluarga, motivasi, kurikulum, metode belajar, disiplin belajar, kualitas tenaga pendidik, media pendidikan, lingkungan dan evaluasi ”.

Sementara itu, (Dalyono, 1997:59 dalam Purba ) mengatakan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat diklasifikasikan kepada dua golongan yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (intrinsik) dan factor yang berasal dari luar diri siswa (ektrinsik). Faktor yang ada di luar diri siswa meliputi social ekonomi, pendidikan keluarga, karakteristik mengajar, situasi belajar mengajar, karakteristik kurikulum dan lingkungan belajar.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan, hasil belajar dan mutu lulusan proses belajar mengajar harus berjalan dengan baik. Guru sebagai pendidik harus mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan di kelas kepada siswa. Seorang guru harus memprioritaskan kegiatan pengembangan sistem pembelajaran. Jangan sampai kegiatan yang lain yang lebih diutamakan, sementara kegiatan pembelajaran hanya berlangsung seadanya saja.

Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional, karena sejak dulu metode ini sudah digunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar mengajar. Meski metode ini lebih banyak menuntut keaktifan guru dari pada anak didik, tetapi metode ini tetap tidak bisa dalam kegiatan pengajaran. Cara mengajar dengan ceramah merupakan suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyamaikan keterangan atau informasi secara lisan.

Dalam hal ini metode pembelajaran demontrasi baik digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada kompetensi elektronika dasar terapan. Komunikasi di dalam kelas sering berlangsung secara dua arah dan interaksi belajar mengajar di kelas antara guru dan siswa berjalan dengan baik. Dalam penyampaian materi pembelajaran dari hal-hal yang didemonstrasikan dan melalui prosedur yang benar dapat dengan cepat dimengerti dan dipahami oleh siswa. Dengan demikian, dari metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran ceramah yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran elektronika dasar terapan hasilnya akan berbeda.

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar Elektronika Dasar Terapan diantaranya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Semakin baik metode belajar yang digunakan tentu akan membuat semangat belajar semakin tinggi, dengan demikian akan diperoleh hasil belajar yang memuaskan. Berdasarkan masalah di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian, yang diberi judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Dan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Hasil Belajar Elektronika Dasar Terapan Pada Siswa Kelas II Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Tanjung Raya”

Download: Pengaruh metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar elektronika dasar terapan pada siswa kelas II Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Tanjung raya

Password: khHBR7UC

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi