Pesan Skripsi
Pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajeman pada mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009
| Kamis, 17 Februari 2011 12:38

Adanya perpustakaan merupakan salah satu bentuk perwujudan dari usaha pemerintah dalam bidang penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih memadai demi terciptanya tujuan pendidikan di Indonesia. Menurut Sulistya-Basuki dalam Syihabuddin Qalyubi, dkk (2007:287): Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang dipergunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Setiap perpustakaan yang didirikan mempunyai tujuan. Menurut Sutarno NS (2006:34), ”Tujuan perpustakaan adalah untuk menyediakan fasilitas dan sumber informasi dan menjadi pusat pembelajaran”. Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana, seperti ruang baca, rak buku, meja kursi baca, sistem pengelolaan tertentu dan adanya karyawan yang melaksanakan kegiatan perpustakaan.

Sesuai dengan ciri-ciri dan persyaratan perpustakaan di atas, maka gedung perpustakaan harus didukung oleh kelengkapan buku di dalamnya dan pelayanan yang baik sehingga perpustakaan itu benar-benar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Mahasiswa harus aktif datang ke perpustakaan untuk belajar ataupun mengerjakan tugas, serta meminjam buku-buku sehingga dapat menambah wawasan baru dari buku-buku yang ada. Kenyataannya, pada saat ini perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta belum maksimal digunakan oleh mahasiswa, hal ini ditinjau dari segi penggunaanya.

Seorang mahasiswa selain harus memanfaatkan perpustakaan untuk belajar, mereka juga harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Dalam negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, dengan motivasi belajar yang tinggi remaja diharapkan mampu meraih prestasi dengan usaha keras sendiri tanpa ada kecurangan dan mampu menghadapi tantangan-tantangan yang ada pada masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Realita yang terjadi saat ini adalah rendahnya motivasi mahasiswa dalam belajar. Hal ini tampak pada mahasiswa yang segan untuk belajar karena tidak mengetahui kegunaan mata kuliah dalam melaksanakan pendidikan di perguruan tinggi dan kurang memperoleh informasi lebih luas mengenai mata kuliah tersebut sehingga belajar itu dianggap tidak penting. Kenyataan yang sering terjadi, mahasiswa yang dengan motivasi rendah kadang-kadang mendapatkan nilai bagus yang secara otomatis prestasi mereka mengalami kenaikan, tetapi ada juga yang mendapatkan nilai tidak memuaskan. Demikian juga mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, mereka belum tentu mendapatkan nilai yang memuaskan, tetapi ada juga mahasiswa yang mendapatkan nilai bagus. Rendahnya motivasi belajar yang terjadi merupakan gejala yang kurang menguntungkan, karena dengan motivasi belajar yang rendah berarti menunjukkan adanya sikap acuh tak acuh terhadap kehidupan sosial, termasuk terhadap masa depan bangsa.

Berdasarkan uraian latar belakang yang dijabarkan diatas dan mengingat pentingnya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar guna mencapai pendidikan yang berkualitas, maka peneliti mengambil judul ” PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMEN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009”.

Download: Pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajeman pada mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009

Password: apU2gpj5

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi