Pesan Skripsi
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya
| Minggu, 16 Oktober 2011 22:51

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami penjelasan yang disampaikan guru, guru jarang menjelaskan kepada siswa bagaimana membentuk kelompok dan membantu setiap kelompok, guru kurang memperhatikan kelompok-kelompok yang menemui masalah dalam mengerjakan tugas, dan guru kurang memberikan evaluasi tugas siswa, serta guru kurang memberikan variasi dalam menggunakan metode. Guru hanya menekankan kemampuan siswa untuk menghapal, sehingga menyebabkan rendahnya ketuntasan klasikal dalam pelajaran IPS yaitu 35,7% dari jumlah siswa yang mencapai KKM, untuk itu perlu dilakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya. Hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu. Pembelajaran kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) atau disingkat STAD adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses kerja sama dalam suatu kelompok yang biasa terdiri 4 sampai 5 orang siswa untuk mempelajari suatu materi akademik yang spesifik sampai tuntas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 28 orang.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II juga dilaksanakan dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lemabar observasi guru, dan tes ulangan harian pada akhir siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKM 35,7%, pada ulangan harian siklus I persentase ketercapaian KKM 64%, sedangkan pada ulangan harian siklus II persentase ketercapaian KKM 86%.

Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya, rata-rata aktivitas guru siklus I 83,3% dan siklus II 97,2%, selanjutnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I 73,8% dan siklus II 97,6% dengan kategori amat baik. Dari penjelasan menunjukkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Download: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 028 Kubang Jaya

Password: nbAT3MiR

Data dengan kesamaan topik

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi