Pesan Skripsi
Hubungan motivasi belajar dan cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan Otomotif di jurusan Mekanik Otomotif SMKN 2 Karang Baru Aceh Tamiang
| Minggu, 20 November 2011 14:09

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan otomotif di jurusan mekanik otomotif SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer berupa motivasi belajar dan cara belajar yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa kelas II SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang sebagai responden penelitian, sedangkan data sekunder berupa arsip nilai rapor siswa yang diperoleh dari tata usaha SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II jurusan otomotif SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini berdasarkan purpose sampling (menurut pertimbangan) adalah siswa kelas II karena dianggap cukup baik dalam pemahaman. Dalam jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 orang yang diambil dari seluruh populasi. Semua data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner/angket model skala likert dengan lima pilihan. Instrumen kuesioner dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product And Service Solution) versi 13,0.

Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: Pertama, koefisien hubungan yang diperoleh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan otomotif sebesar rx1y = 0,433. Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 60 pada taraf signifikan 5% = 0,2001, sehingga diperoleh rx1y > rtabel (0,433 > 0,2001). Kedua, koefisien hubungan yang diperoleh antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan otomotif sebesar rx2y = 0,341. Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 60 pada taraf signifikan 5% = 0,2001, sehingga diperoleh rx2y > rtabel (0,341 > 0,2001). Sedangkan ketiga, koefisien regresi ganda antara motivasi belajar dan cara belajar secara bersama-sama juga memberikan hubungan dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan otomotif SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang sebesar rx1x2y = 0,502. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Download: Hubungan motivasi belajar dan cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas II pada mata diklat kelistrikan Otomotif di jurusan Mekanik Otomotif SMKN 2 Karang Baru Aceh Tamiang

Password: 4TG2SKGV

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi