Pesan Skripsi
Hubungan kecepatan lari terhadap prestasi lompat jauh gaya jongkok pada siswa/siswi kelas II SMP Negeri 1 Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis
| Selasa, 15 Februari 2011 12:29

Dalam memperoleh hasil lompat jauh yang maksimal dibutuhkan pemahaman dalam menguasai teknik lompat jauh yaitu fase melakukan lompat jauh. Fase dalam lompat jauh diantaranya fase awal, fase tumpuan/tolakan, fase melayang, dan fase pendaratan. Fase awal adalah melakukan lari sebelum lompat merupakan salah satu faktor pendukung dalam mencapai hasil lompat jauh.

Awalan dalam lompat tinggi merupakan gerakan lari yang dimulai dari keadaan awalan berdiri dan kemudian berlari dengan kecepatan yang semakin meningkat dari titik awal berdiri sampai dengan batas tolakan untuk memberikan daya dan dorongan semaksimal mungkin sebelum mengalihkan kecepatan horisontal menjadi kecepatan vertikal melalui tolakan pada papan tumpuan di depan bak lompatan.

Setelah diadakan pengenalan dan studi pendahuluan serta pengamatan sementara di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis, diketahui bahwa cabang pada olahraga atletik di Sekolah terutama pada cabang lompat jauh sampai saat ini belum mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan. Hal ini terbukti, bahwa belum adanya siswa yang berprestasi dari perlombaan-perlombaan yang diikuti tingkat pelajar baik se Kabupaten maupun ditingkat Propinsi.

Dari hal diatas tidak adanya siswa yang berprestasi dalam lompat jauh gaya jongkok, disebabkan oleh rendahnya kemampuan kondisi siswa terutama kecepatan lari melakukan awalan lompat jauh. Siswa melakukan awalan yang terburu-buru, sehingga tidak adanya pengontrolan keseimbangan tubuh saat melakukan tolakan untuk melompat. Kurangnya pemantauan dari guru saat latihan terhadap teknik lompat jauh yang dilakukan siswa, guru tidak ada mengoreksi, sehingga siswa tidak tahu kesalahannya melakukan teknik lompat jauh, serta kurangnya sarana prasarana yang disediakan oleh pihak sekolah, seperti bak lompatan yang kurang rata, lintasan lari untuk awalan yang kurang kondusif dikarenakan adanya kerikil atau tidak rata, yang mengakibatkan siswa tidak bisa melakukan awalan dengan efektif. Untuk membuktikan kebenarannya itulah penulis ingin mendapatkan jawaban dan pemecahan masalah diatas perlu adanya penelitian dengan judul : Hubungan Kecepatan Lari Terhadap Prestasi Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa/Siswi Kelas II SMP N 1 Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis.

Download: Hubungan kecepatan lari terhadap prestasi lompat jauh gaya jongkok pada siswa/siswi kelas II SMP Negeri 1 Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis

Password: h4NDHGtt

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi