Pesan Skripsi
Etika guru dalam perspektif islam
| Rabu, 23 May 2012 00:37

Etika berkaitan dengan pemikiran dan cara bersikap dalam kerangka pemikiran, etika terdiri dari evaluasi masalah dan keputusan yang diprioritaskan seseorang, misalnya anggota organisasi untuk menghindari akibat yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, sementara dalam pengertian perilaku, etika erat hubungannya dengan keputusan yang sejalan dengan seperangkat pedoman yang menyangkut perolehan yang mungkin dan akibat yang merugikan orang lain.

Kata guru berasal dalam bahasa Indonesia yang berarti orang yang mengajar, dalam bahasa Inggris, dijumpai kata teacher tentang artinya pengajar, selain itu juga terdapat kata tutor yang berarti guru pribadi yang mengajar di rumah, mengajar ekstra, yang memberikan les tambahan pelajaran. etika guru itu adalah tingkah laku guru dalam mendidik anak muridnya, yang mana seorang guru harus terampil terhadap murid-murid, karena bagaimanapun juga mendidik pekerjaan yang tidak mudah, karena mendidik anak didik itu tidak semudah membalikkan telapak tangan karena guru selain memberikan yang terbaik untuk anak didiknya, seorang guru pun dalam menyikapi satu hal, adalah masalah dengan baik dalam mendidik, maka guru harus benar-benar bisa menyikapi dengan baik, karena tingkah laku adalah etika seorang guru sangat berperan sekali.

Guru selain memberikan bimbingan, arahan dan ajaran kepada anak didiknya, guru juga sebagai contoh yang baik, karena anak didik posisinya sebagai penerima bimbingan, arahan dan ajaran yang disampaikan oleh guru, karena dalam proses interaksi ini guru sebagai pelaku utama kegiatan pendidik, karena itu guru memerlukan persiapan, baik dari segi penguasaan materi, terhadap ilmu yang diajarkan kepada anak didik, seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tersebut secara efisien dan tepat sasaran kepada anak didik yang bervariasi dan kepribadian yang berbeda-beda dalam di kehidupannya.

Islam sangat menganjurkan ummatnya untuk berbuat baik dan memperbaiki akhlak demi terciptanya keharmonisan, melindungi hak dan kewajiban masing-masing individual dan masyarakat dan kewajiban masing-masing individu dan masyarakat oleh karena itu kebutuhan akan norma-norma, tata tertib, tata kesopanan dan tata moral mutlak dibutuhkan karena akhlak dijadikan tolak ukur hancur dan damainya Negara, berbicara masalah akhlak sangatlah luas dan tak bertepi. Dasar adalah fundamental dari satu bangunan dan dari bangunan yang menjadi sumber kekuatan dan keteguhan pada diri sendiri demikian pula halnya, dengan pelaksanaan pendidikan harus memiliki dasar pendidikan akhlak adalah Al-Qur’an dan Al- Hadits.

Di masa sekarang ini kenyataan yang tak bisa ditutupi lagi, serta gejala bahwa pendidikan di Sekolah umum kurang peduli terhadap etika guru dalam menggambarkan wawasan pengetahuan dalam menyajikan materi yang disampaikan agar diminati siswa, sehingga termotivasi untuk mengikuti pendidikan tersebut serta kurangnya etika dalam memvariasikan metode mengajar dalam penyampaian materi.

Download: Etika guru dalam perspektif islam

Password: pl5rxFiY

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi