Pesan Skripsi
Assesmen portofolio dalam penilaian hasil belajar IPA SD
| Minggu, 19 Februari 2012 13:42

Penilaian berbentuk asesmen menuntut adanya kompetensi dan kreativitas serta inisiatif yang lebih luas dari diri siswa. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Khattri (dalam Mulyadi, 2005), bahwa penilaian terhadap berbagai aspek kinerja siswa memiliki pengaruh positif di kelas, karena melengkapi guru dengan acuan pedagogis yang membantu mengembangkan teknik instruksional yang efektif.

Selain itu penilaian juga menyediakan informasi secara komprehensif mengenai kemajuan belajar siswa termasuk kekuatan dan kelemahannya. Mengingat begitu besarnya manfaat dan peranan penilaian berbasis asesmen terhadap kinerja siswa serta proses pembelajarannya, maka guru sebagai pengelola utama kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memahami, merencanakan sekaligus melaksanakan jenis-jenis penilaian berbasis asesmen.

Namun, realitanya dilapangan masih banyak guru yang belum memahami tentang portofolio seutuhnya, dan juga belum bisa melaksanakan perencanaan yang baik dalam merancang penilaian portofolio. Hal ini terlihat dari penelitian Wulan (2003) yang meneliti tentang “Permasalahan yang Dihadapi Dalam Pemberdayaan Praktikum Biologi di SMU dan Upaya Penanggulangannya”, dimana hasil penelitiannya terlihat bahwa guru biologi masih kesulitan dalam menggunakan asesmen kinerja untuk menilai praktikum siswa.

Secara tidak langsung berbagai permasalahan yang muncul dari penerapan asesmen portofolio, salah satunya terkait dengan rendahnya kinerja guru pada sisi kompetensi serta kualitas diri dalam mengelola kelas secara aktif dan kreatif terutama dalam merancang penilaian yang tepat untuk menilai hasil belajar siswa. Dimana realitas sekarang guru masih belum begitu paham dengan pentingnya asesmen portofolio dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Dengan adanya alternatif penilaian (alternative assessment) dalam pembelajaran menurut Popham (1995:3 dalam Widoyoko, 2010) merupakan suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabelvariabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Salah satu assesmen yang dapat diterapkan pada pembelajaran khususnya pembelajaran IPA di SD adalah assesmen portofolio yang dapat memperlihatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dalam proses belajar mengajar. Menurut Arends (2007:246) portofolio merupakan kumpulan hasil karya siswa yang membutuhkan kinerja sesuai konteks, adapun contoh – contoh hal apa saja yang dapat dimasukkan siswa kedalam portofolio adalah tes, hasil karya yang telah dievaluasi untuk tugas wajib siswa, tugas – tugas kinerja, dan proyek kerja seperti makalah atau tugas lainnya yang dibuat oleh siswa sendiri.

Berdasarkan permasalahan yang ada, peneliti melakukan penelitian ini dalam rangka untuk mengamati proses penerapan alternatif penilaian yang mulai diterapkan di sekolah dasar. Sehingga dengan menerapkan suatu assesmen yang diharapkan dapat mengkomodasi fungsi, tujuan serta prinsip–prinsip penilaian dan juga memberi tambahan informasi bagi guru dalam merancang alternatif penilaian yang ideal. Adapun asessmen yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah assesmen portofolio.

Download: Assesmen portofolio dalam penilaian hasil belajar IPA SD

Password: qJUFaWD5

Data dengan kesamaan topik

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi