Pesan Skripsi
Pengolahan citra digital menggunakan Program Delphi
| Sabtu, 02 Juni 2012 00:12

Pengolahan citra merupakan bidang yang bersifat multidisiplin, yang terdiri dari banyak aspek, antara lain : fisika (optik, nuklir, gelombang, elektronika, matematika, seni, fotografi, dan teknologi komputer. Pengolahan citra (image processing) memiliki hubungan yang sangat erat dengan disiplin ilmu yang lain. Jika sebuah disiplin ilmu dinyatakan dalam bentuk proses suatu input menjadi output, maka pengolahan citra memiliki input berupa citra serta output juga berupa citra.

Citra dapat dikelompokkan menjadi citra tampak dan citra tak tampak. Banyak contoh citra tampak dalam kehidupan sehari-hari : foto keluarga, gambar anak, lukisan Pablo Picasso, apa yang nampak di layar monitor dan televisi, serta hologram (citra optis). Sedangkan citra tak nampak misalnya : data gambar dalam file (citra digital), dan citra yamg direpresentasikan menjadi fungsi matematis. Di samping itu ada juga citra fisik tak nampak, misalnya citra distribusi panas di kulit manusia serta peta densitas dalam suatu material. Untuk dapat dilihat mata manusia, citra tak nampak ini harus diubah menjadi citra tampak, misalnya dengan menampilkannya di monitor, dicetak di atas kertas, dan sebagainya.

Diantara jenis-jenis citra tersebut, hanya citra digital yang dapat diolah menggunakan komputer. Jenis citra lain, jika hendak diolah dengan komputer, harus diubah menjadi citra digital, misalnya foto dipindah (scan) dengan scanner, persebaran panas tubuh ditangkap dengan kamera infra merah dan diubah menjadi informasi numeris, informasi densitas dan komposisi bagian dalam tubuh manusia ditangkap dengan bantuan pesawat sinar –X dan sistem deteksi radiasi menjadi informasi digital. Kegiatan untuk mengubah informasi citra fisik non digital menjadi digital disebut sebagai pencitraan (imaging).

Delphi tidak menyediakan secara khusus rutin-rutin untuk pengolahan citra, oleh karena itu perlu dibuat sendiri program untuk mengolah citra. Namun Delphi telah menyediakan sarana untuk menampilkan citra, yaitu melalaui Komponen Timage yang terdapat pada palet komponen Additional. Komponen ini memiliki properti Picture yang digunakan untuk menyimpan fata citra. Citra yang akan ditampilkan diambil dari file gambar yang dapat ditentukan pada saat mendesain dengan cara mengisi nilai properti ini, atau pada saat program dijalankan dengan menggunakan prosedur LoadFromFile.

Download: Pengolahan citra digital menggunakan Program Delphi

Password: KNYD3gL0

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi