Pesan Skripsi
Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa Ners B angkatan 2008 untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin
| Kamis, 26 April 2012 01:19

Indikator mutu seorang perawat adalah derajat pendidikan, pengetahuan, sikap, keterampilan, dan motivasi. Semakin tinggi derajat mutu SDM karyawan/perawat semakin tinggi pula produktifitas kerjanya. Derajat mutu itu tidak dilahirkan secara alami tetapi dibentuk. Salah satu jalan yang harus ditempuh manajemen tenaga kerja yang sekaligus merupakan salah satu fungsinya adalah memberikan kesempatan kepada karyawan/perawat mengikuti pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur formal maupun non formal secara terencana dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan/perawat.

Terbatasnya jumlah tenaga profesional keperawatan yang berpendidikan setingkat Sarjana menurut peneliti disebabkan oleh kurangnya motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi. Yang dimaksud dengan motivasi disini adalah merupakan dorongan yang membuat seseorang/perawat melakukan sesuatu dengan cara dan untuk mencapai tujuan tertentu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi setiap individu yaitu intrinsik yang berasal dari dalam diri seseorang dan berkaitan dengan isi pekerjaan, seperti tuntutan, kebutuhan, rasa tanggung jawab, tujuan pribadi dan lain-lain. Ekstrinsik yang berasal dari luar, seperti suasana kerja, gaji, kebijakan organisasi dan lainlain.

Motivasi untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi menurut peneliti kemungkinan berhubungan dengan faktor usia, jenis kelamin, status perkawinan dan dukungan atasan. Banyak lulusan Diploma keperawatan yang mengalami phobia untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) atau Program Study Ilmu Keperawatan (PSIK) karena merasa untuk lulus seleksi saja sangat sulit. Terlebih lagi perkuliahan yang harus dijalani sangat padat, berat dan cukup melelahkan. Issue inilah yang kemungkinan membuat mereka merasa kalah sebelum bertanding.

Demi peningkatan SDM, pihak manajemen Rumah Sakit memberi kesempatan karyawan/perawat untuk melamjutkan pendidikan atau karena dasar kebutuhan individu perawat untuk bisa tetap bertahan berada dilingkungan institusi kesehatan, baik di Rumah sakit atau institusi pendidikan keperawatan. Dari uraian diatas peneliti bermaksud untuk mengidentifikasi motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikan melalui jenjang pendidikan S1 Keperawatan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi tersebut.

Download: Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa Ners B angkatan 2008 untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Password: rfJkJaqm

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi