Pesan Skripsi
Pengaruh efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin (studi kasus pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara)
| Kamis, 07 April 2011 23:41

Perusahaan manufaktur melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan produk jadi yang siap untuk dijual guna memperoleh laba. Salah satu kinerja manajer pemasaran rasio gross profit margin yaitu digunakan untuk mengukur kemampuan memperoleh laba kotor dari setiap rupiah penjualan. Tinggi rendahnya rasio gross profit margin dipengaruhi oleh laba kotor dan penjualan. Karena laba kotor terbentuk dari biaya pokok penjualan maka untuk mencapai rasio gross profit margin yang tinggi perlu mengendalikan biaya produksi. Biaya standar sebagai salah satu dasar biaya yang digunakan di dalam pengendalian terhadap biaya produksi dalam penelitian ini meliputi biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah seberapa besar pengaruh efisiensi biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin, seberapa besar pengaruh efisiensi biaya bahan baku terhadap rasio profit margin dan seberapa besar pengaruh efisiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin, untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh efisiensi biaya bahan baku terhadap rasio profit margin dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh efisiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara.

Populasi dalam penelitian ini adalah jenis biaya yang dikeluarkan pada masing-masing kelompok biaya yang melekat pada seluruh pesanan yang dibuat melalui machine made pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara dari tahun 2002 sampai 2004 yaitu sebesar 100 pesanan. Untuk menentukan ukuran sampel dalam penelitian digunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir sebesar 10% diperoleh sampel sebanyak 51 pesanan yang dibagi rata setiap tahun selama tiga tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dua prediktor untuk uji F statistik dan regresi sederhana untuk uji t statitik dimana pengolahan data menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi biaya bahan baku berpengaruh terhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel pada PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara pada tahun 2002-2004. Hal ini ditunjukkan nilai F hitung sebesar 8.967 dan nilai koefisien determinasi sebesar 27.2%. Secara parsial efisiensi biaya bahan baku berpengaruh terhadap rasio profit margin yaitu ditunjukkan nilai t hitung sebesar 3.091 dengan tingkat probabilitas sebesar 0.3% . Efisiensi biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap rasio profit margin yaitu ditunjukkan nilai t hitung sebesar 3.191 dengan tingkat probabilitas sebesar 0.2%.

Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung secara bersama-sama berpengaruh terhadap rasio profit margin pada tahun 2002-2004 dengan koefisiensi determinasi sebesar 27.2%. Secara parsial efisiensi biaya bahan baku dan pengendalian biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap rasio profit margin. Dengan demikian semakin efisien biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung maka semakin meningkatkan rasio profit margin, akan tetapi apabila biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung tidak efisien maka rasio profit margin semakin menurun. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang dapat dilakukan di antaranya adalah untuk penelitian selanjutnya perlu mempertimbangkan faktor-faktor selain efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung sebagai upaya untuk memperbesar rasio profit margin, bagi perusahaan agar lebih meningkatkan atau memperbesar rasio profit margin dengan tindakan antara lain agar diperoleh rasio profit margin yang tinggi, maka bagi manajemen perusahaan untuk lebih memperhatikan efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung lebih mampu mencari supplier yang memberikan harga bahan baku yang lebih murah, menghindari pemborosan waktu produksi.

Download: Pengaruh efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio profit margin (studi kasus pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara)

Password: k7S4ydBl

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi