Pesan Skripsi
Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Return On Assets dan Besaran Perusahaan Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ)
| Selasa, 11 Oktober 2011 04:12

Perubahan laba pada perusahan perbankan merupakan salah satu kinerja perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan terus memantau perubahan laba dari tahun ke tahun. Salah satu cara memprediksi perubahan laba adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan diantaranya adalah CAR, LDR dan ROA.

Dalam penelitian ini ditambahkan satu variabel yaitu besaran perusahan (SIZE). Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh CAR, LDR, ROA, dan SIZE terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahan perbankan yang terdaftar di BEJ secara simultan maupun secara parsial. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh CAR, LDR, ROA, dan SIZE terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ secara simultan maupun secara parsial. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ periode 1999-2004 yang berjumlah 16 perusahaan. Ada lima variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: CAR, LDR, ROA, SIZE, dan Perubahan Laba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier ganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan CAR, LDR, ROA, dan SIZE secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba satu tahun sebesar 22,8%. Secara parsial CAR, LDR, dan ROA berpengaruh positif terhadap perubahan laba masing-masing sebesar 7,84%, 14,59%, dan 10,24%. Sedangkan SIZE tidak berpengaruh terhadap perubahan laba.

Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Dalam pembuatan keputusan menyangkut investasi pada saham-saham perbankan di pasar modal, investor hendaknya memperhatikan jenis rasio keuangan dan jangka waktu kegunaan rasio-rasio keuangan yang digunakan dalam industri perbankan. (2) Perusahan harus selalu menjaga kinerja keuangan yang terdiri dari CAR, LDR, ROA, dan SIZE, karena rasio tersebut digunakan oleh investor sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi. (3) Bagi penelitian selanjutnya agar mengganti tolok ukur untuk mengukur SIZE agar dapat diperoleh pengaruh SIZE yang lebih rinci.

Download: Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Return On Assets dan Besaran Perusahaan Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ)

Password: d6WwCYo7

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi