Pesan Skripsi
Analisis kinerja keuangan pada koperasi simpan pinjam usaha bersama Tembilahan
| Sabtu, 03 Maret 2012 23:27

Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan wadah perekonomian rakyat tidak terlepas dari masalah persaingan agar tidak terpuruk. Agar koperasi dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik maka diperlukan pengendalian yang seksama terhadap kegiatan operasinya terutama yang berkaitan dengan masalah laporan keuangan.

Koperasi berfungsi membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi para anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial. Untuk mengetahui perkembangan dan keberhasilan dalam mengelola usaha koperasi dapat dilihat dari posisi keuangan koperasi. Koperasi juga memerlukan analisis data keuangan sehingga dapat diketahui perkembangannya dari tahun ketahun.

Untuk menjalankan usaha dan aktifitasnya serta mempertahankan kelangsungan hidup, koperasi sangat memerlukan suatu cerminan yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan sehingga koperasi tersebut dapat melihat sejauh mana keadaan dan kondisi koperasi tersebut.

Kondisi keuangan dari hasil operasi koperasi yang tercermin pada laporan keuangan koperasi pada hakikatnya merupakan hasil akhir dari kegiatan koperasi yang mana dapat menggambarkan kinerja keuangan dari koperasi yang bersangkutan. Informasi yang dapat dilihat dalam laporan keuangan misalnya : tentang kemampuan koperasi untuk membayar pokok bunga pinjaman, kemampuan koperasi dalam menghasilkan keuntungan dan kewajiban koperasi dalam memenuhi kewajiban lainnya.

Dalam menganalisa kinerja keuangan dan hasil operasi koperasi diperlukan analisis rasio keuangan pada laopran keuangan koperasi tersebut. Penulis melakukan penelitian dengan mengadakan penilaian terhadap kinerja keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Usaha Bersama Tembilahan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kinerja keuangan yang diukur dari rasio Likuiditas, rasio Solvabilitas dan Rasio Rentabilitas.

Dengan adanya perubahan-perubahan pada laporan keuangan koperasi dari tahun ketahun menunjukkan adanya perubahan yang penting baik perubahan yang bentuknya naik atau meningkat maupun yang menurun dari pos-pos tertentu sehingga berpengaruh terhadap penilaian rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Karena pentingnya masalah laporan keuangan koperasi, penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan menganalisa laporan keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Usaha Bersama Tembilahan yang bergerak pada usaha simpan pinjam.

Berdasarkan uraian diatas diketahui bahwa koperasi Usaha Bersama memiliki tingkat likuiditas yang berada dibawah standar rasio, tingkat solvabilitas yang selalu berfluktuasi dan juga tingkat rentabilitas yang mengalami penurunan. Dan berangkat dari hal inilah, penulis tertarik untuk menganalisis hubungan rasio finansial tersebut dan menuangkannya dalam bentuk skripsi dengan judul : “Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Usaha Bersama Tembilahan.”

Download: Analisis kinerja keuangan pada koperasi simpan pinjam usaha bersama Tembilahan

Password: CbUOhzQi

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi