Pesan Skripsi
Peranan Pesantren Salafi dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning untuk Santri
| Jumat, 16 Maret 2012 02:04

Lembaga pendidikan yang masih tetap konsisten dengan budaya lokal adalah pondok pesantren. Akan tetapi, kekurangan pondok pesantren pada umumnya ialah mereka kurang melihat wawasan masa depan yang lebih mendunia, pesantren lebih memperkuat-sering disebut ilmu akhirat. Walaupun penilaian terhadap pesantren tersebut tidak sepenuhnya dapat dibenarkan, tetapi pernyataan ini minimal bisa dijadikan sebagai cerminan bahwa pesantren perlu bangkit dalam menjawab tuntutan zaman. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang satu- satunya diharapkan bisa “membendung” pengaruh dari luar, harus mampu beradaptasi dan bersosialisasi diri dengan dunia luar.

Sebagai pengembang risalah Tauhid di alam ini. Karena pondok pesantren merupakan aset dan khazanah peradaban umat Islam harus tampil sebagai “Benteng” dalam menghadapi peradaban Barat. Olehnya itu pondok pesantren tetap bisa eksis dalam dunia persaingan, apabila tersusun intropeksi dan prospeksi serta proyeksi ke depan dalam membentuk sistem pendidikan. Karena eksistensi pondok pesantren masa depan sangat ditentukan oleh kemampuannya berintegrasi secara cultural dengan sistem Internasional, yang ditandai dengan tata hubungan yang semakin rasional, dinamis dan kompetitif.

Pesantren diharapkan dapat memberikan respons atas tuntutan era mendatang yang meliputi dua aspek, universal dan nasional. Aspek universal yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan dalam skala nasional yaitu pembangunan di Indonesia. Bahkan peran pesantren semakin besar peranannya dalam memberikan landasan moral dan etika pada proses pembangunan yang sedang berjalan.

Al-Qur’an dan Al-hadits sama-sama menempati posisi terhormat bagi umat Islam. Al-Qur’an sebagi urutan pertama sebagai sumber hokum, kemudian disusul dengan Al-hadits lalu disusul kitab kuning, terutama yang ditulis ulama klasik. Kitab kuning merupakan sebuah dokumen intelektual keislaman, sebuah khasanah Islam yang berisi beragam pendapat para ulama, memuat teks-teks Al-Qur’an beserta tafsir yang dikemukakan sejak sahabat sampai tabi’in, menampung berbagai penjelasan status hadits, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, berangkat dari pembahasan yang dipaparkan di atas, menjadi sentral dalam menelaah peranan pesantren as-salafi dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning untuk santri Parappe Kecamatan Campalagian.

Download: Peranan Pesantren Salafi dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning untuk Santri

Password: Kmk3kLk8

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi