Pesan Skripsi
Meningkatkan pemahaman tajwid pada mata pelajaran Al Quran Hadis melalui penggunaan kartu huruf di kelas IV MI Baran
| Minggu, 27 May 2012 02:02

Mata pelajaran Al-Qur'an Hadits adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah yang dimaksud untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al Qur'an dan hadits sehingga dapat diwujudkan dalam perilaku sehari hari sebagai manifestasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. Metode mengajar menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari deretan komponen pembelajaran.

Seiring dengan hal itu seorang pendidik dituntut agar lebih cermat memilih dan menerapkan metode apa yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Dalam proses belajar mengajar dikenal beberapa metode mengajar, diantaranya metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan lain sebagainya. Semua metode tadi dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Berbagai metode pembelajaran yang akan dipilih akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu latar belakang anak didik, tujuan yang ingin dicapai, situasi yang ada, fasilitas yang tersedia dan juga kualitas pendidik.

Kartu huruf diartikan sebagai kertas tebal berukuran 12 cm X 8 cm yang berbentuk persegi panjang berisi huruf hijaiyah dan kata /kalimat ayat al-qur’an. Kartu huruf berisi huruf-huruf dan kata /kalimat ini merupakan salah satu alat peraga untuk mempermudah guru dalam menerangkan materi pelajaran. Dengan kartu huruf ini sebagai peraga alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid, mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Baran Kecamatan Ambarawa.

Al-Qur’an Hadis adalah sumber hukum Islam yang merupakan pedoman bagi umat Islam untuk beramal dan beribadah kepada Allah SWT. Begitu pentingnya Al-Qur’an Hadis maka menjadi mata pelajaran yang diterapkan disetiap Madrasah Ibtidaiyah. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah bagian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah yang dimaksud untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari sebagai penguat iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kurikulum Al-Qur'an dan Hadits MI yang dikembangkan dengan pendekatan tersebut diharapkan mampu menjamin pertumbuhan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, peningkatan penguasaan kecakapan hidup kemampuan bekerja dan bersikap ilmiah sekaligus menjamin pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.

Download: Meningkatkan pemahaman tajwid pada mata pelajaran Al Quran Hadis melalui penggunaan kartu huruf di kelas IV MI Baran

Password: h27U0anR

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi