Pesan Skripsi
Konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Quran analisis pendidikan akhlak dalam Surat Luqman ayat 14-15
| Sabtu, 12 November 2011 10:51

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam, memuat semua segi kehidupan begitu banyak hal tercakup dalam ayat-ayatnya, baik yang tersurat maupun tersirat, dari kehidupan manusia sampai mencakup ke berbagai bidang ilmu pengetahuan. Berbagai macam ilmu ada dalam kandungan Al-Qur’an, di antara ilmu-ilmu tersebut adalah Sosiologi, Antropologi, Biologi, Sejarah, Botani, Humaniora, Seksologi, Astronomi dan Psikologi adalah sebagian kecil ilmu yang disinggung dalam Al-Qur’an.

Secara garis besar banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat tuntunan bagi umat manusia dalam usahanya untuk melahirkan generasi penerus yang lebih baik. Hal-hal seperti peningkatan iman dan taqwa, pengembangan wawasan keagamaan dan tuntunan untuk membentuk manusia seutuhnya adalah hal yang dicapai lewat pendidikan akhlak.

Sudah jutaan buku ditulis oleh para ahli sejarah untuk membuktikan keteladanan akhlak baginda Rasulullah SAW, baik untuk kaum Adam maupun untuk kaum Hawa. Semuanya mendapatkan petunjuk dari Nabi Muhamad SAW mulai dari hal yang terbesar sampai hal-hal yang terkecil sekalipun (Ali Abdullah Halim 2004 : 252). Oleh karena itu sangat masuk akal jika di dalam Al-Qur’an, terdapat tuntutan hal tersebut. Karena Nabi Muhamad SAW sendiri merupakan tafsiran Al-Qur’an yang berjalan. Sebagai mana jawaban istri Nabi Muhamad Siti Aisyah RA tentang pertanyaan bagai mana tentang akhlak Nabi Muhamad SAW, ia menjawab dengan singkat namun sarat dengan makna.

Pembinaan terhadap setiap individu dalam rangka menanamkan pendidikan islam diatas, perlu dilakukan, agar setiap individu memahami, menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat diselenggarakan antara lain melalui upaya pendidikan akhlak, karena menurut Omar Muhammad Al-Taumy Al-Syaibani, pendidikan akhlak adalah pembinaan pribadi muslim yang beriman, berpegang teguh pada ajaran-ajaran agama dan berakhlak mulia.

Maka berdasarkan dengan latar belakang dari uraian di atas, penulis akan mencoba meneliti tentang pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an yang dituangkan kedalam sebuah skripsi yang berjudul “ KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN” (Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Surat Luqman Ayat 14-15).

Download: Konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Quran analisis pendidikan akhlak dalam Surat Luqman ayat 14-15

Password: 0dmZAhNB

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi