Pesan Skripsi
Hubungan kegiatan kepramukaan dengan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat fardhu
| Rabu, 04 Juli 2012 00:32

Tata tertib sekolah seolah-olah hanya sebagai simbol tertulis dan kekuatannya lemah untuk mengatur kehidupan sekolah. Kepatuhan yang tumbuh di kalangan siswa hanya sebuah keterpaksaan karena takut hukuman bukan karena kesadaran. Di sinilah peran sebuah sekolah sangat penting untuk menumbuhkembangkan sikap disiplin siswa. melalui beragam kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Siswa bebas memilih salah satu dari banyak kegiatan ektrakurikuler, yang salah satunya adalah kegiatan kepramukaan.

Kepramukaan berasal dari istilah Praja Muda Karana (pramuka) yang artinya pemuda bangsa yang giat bekerja. Menurut Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (ARTGP) pasal 6 ayat 1 kepramukaan adalah: “Proses pendidikan yang dilakukan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur”.

Dan disiplin sendiri dapat diartikan sebagai ketaatan pada peraturan atau tata tertib. Disiplin juga dapat diartikan sebagai kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan, yang diberlakukan bagi dirinya sendiri. Disiplin dalam penelitian ini adalah sikap mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah, disiplin dalam menyelesaikan administrasi sekolah, menyelesaikan tugas sekolah dan lain-lain.

Kegiatan kepramukaan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu sarana di antara sarana-sarana yang lain yang dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa. Tidak hanya disiplin mematuhi tata tertib sekolah tapi juga disiplin dalam segala aspek baik disiplin di rumah, disiplin di sekolah, dan disiplin di lingkungan masyarakat. Karena pada dasarnya disiplin itu tidak terjadi dengan sendirinya.

Shalat fardhu adalah salah satu perintah Allah swt yang sudah ditentukan waktunya. Dalam ajaran Islam orang yang memiliki kedisiplinan akan cenderung melaksanakan shalat tepat pada waktunya, sebab esensi kedisiplinan tersirat mematuhi aturan. Apabila ditinjau dari berbagai sisi secara mendalam banyak kegiatan kepramukaan mengandung banyak manfaat bagi anak didik. Kaitannya dengan masalah di atas penulis bermaksud meneliti apakah kegiatan kepramukaan dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan disiplin siswa, guna penyusunan skripsi dengan judul: “HUBUNGAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU”.

Download: Hubungan kegiatan kepramukaan dengan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat fardhu

Password: gsrXOqWu

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi