Pesan Skripsi
Persiapan Sidang dan Seminar Skripsi
| Selasa, 03 Januari 2012 03:42

Persiapan sidang dan seminar skripsiSebelum menghadapi seminar maupun sidang, sebelumnya kita harus meyakinkan diri kita sendiri kalau kita sudah siap menghadapi semuanya itu, sehingga langkah-langkah yang nanti kita persiapkan bisa maksimal. Seminar maupun sidang bukanlah hal yang harus kita takuti, bukanlah menjadikannya momok yang menyeramkan, seminar dan sidang merupakan salah satu acara yang semua mahasiswa akan lalui, jadi Anda yang sebentar lagi akan menghadapi keduanya tidak perlu khawatir, dunia tidak akan runtuh bila Anda gagal, yang terpenting Anda telah mencobanya secara maksimal.

 

Ada sebuah polling yang diadakan di USA, ketakutan apa yang paling besar, disana ada pilihan-pilihan beruba kematian, ketinggian, masalah keuangan, air yang dalam, penyakit dan berbicara di depan orang banyak. Yang mengejutkan hasil polling tersebut menempatkan berbicara di depan orang banyak adalah hal yang paling ditakuti oleh semua orang. Pertanyaannya adalah kenapa yang pada dasarnya kita sudah terbiasa berbicara dengan orang lain tetapi bila kita berbicara didepan orang banyak kita akan merasakan ketakutan yang luar biasa.

Beberapa tips untuk menghadapi seminar menurut Dr. Albert Meharbian dalam bukunya The Silent Messages yaitu kuasai 3V dalam komunikasi: Verbal, Voice, Visual

Verval. Kata-kata yang kita keluarkan menyumbang kontribusi 7% dari kesuksesan Anda, meskipun persentasinya kecil, kita tidak boleh mengabaikan begitu saja, sering kali kita salah mengucapkan kata ganti orang, sebaiknya mengucapkan “Anda” dibandingkan “Kamu”

Voice. Suara sangat penting bagi Anda sebagai pembicara karena menyumbang 38% dari keberhasilan Anda.

Visual. Cara berpakaian, cara berdiri, gerakan tangan dan mata serta ekspresi wajah turut menyumbang 55%. Ingatlah bahwa orang akan cepat menangkap sebuah informasi dari apa yang mereka lihat, bukan dari mereka dengar.

Tersenyum (smile) merupakan bahasa universal, tidak ada komunikasi yang lebih andal di antara manusia selain senyuman. Senyum bisa menghapus beda pendapat dan konflik, senyuman menyampaikan penghargaan, senyuman membantu Anda menjadi rileks. Jadi bagaimanapun susahnya, tegangnya suasana seminar dan sidang, usahakan senyuman dan berpikir secara dingin dan rileks.

Seminar dalam hal khusus adalah seminar skripsi akan dihadapi oleh semua mahasiswa, cepat atau lambat Anda akan merasakannya, menurut pengalaman saya ada hal yang perlu dipersiapkan dalam seminar skripsi adalah pendalaman materi dari isi skripsi yang kita tulis. Pelajari lagi dan persiapkan diri Anda dari pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga, biasanya pertanyaan dari audiens berupa judul, latar belakang masalah dan rumusan masalah, terkadang juga dari sisi Bab III tentang metode penelitian.

Persiapan Tanya jawab. Sesi tanya jawab adalah saat dimana kredibilitas Anda benar-benar diuji. Oleh karena itu, tampilah sebaik mungkin. Pertanyaan yang diajukan oleh audiens maupun Penguji memberikan Anda kesempatan untuk memperjelas dan mempertegas informasi atau skripsi yang Anda tulis. Pada saat Anda menjawab pertanyaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, (1) pertahankan kontak mata dengan penanya, (2) anggukan kepala Anda untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkannya, (3) ucapakan terima kasih setelah si penanya selesai mengajukan pertanyaan. Beberapa tip dan trik menjawab pertanyaan dari audiens adalah (1) langsung menjawab, (2) pertanyaan balik ke penanya, (3) lontarkan ke peserta lain, (4) minta pendapat ahli.

Tips dan masukan diatas bisa menjadi tidak berguna apabila kita sendiri yang tidak mempersiapkan diri sendiri, yang terpenting adalah kesiapan mental dan diri kita. Siapkan fisik kita, siapkan materi yang akan dibawakan nanti dalam sidang. Seminar dan sidang bukanlah hal yang harus kita takuti, tetapi hal yang harus kita hadapi dengan percaya diri. Semoga seminar dan sidang yang nanti Anda hadapi bisa berjalan dengan maksimal. Sekali lagi ini skripsi Anda, ini pentas Anda, dan Andalah yang jadi rajanya.

Sumber: Kaskus

 
4skripsi.com

4skripsi adalah pusat download skripsi, tesis, disertasi, jurnal, makalah, KTI dan tugas akhir gratis. Medotologi penelitian, teknik analisis data dan spss.
Seluruh skripsi yang ada dapat didownload sebagai referensi dengan menyertakan data penulisnya.

Gratis kiriman skripsi terbaru dari email:
Skripsi